Kicktive: Kerja Freelance dari rumah, gaji gede, mau?

Kerja Freelance dari rumah, gaji gede, mau?


Anda orang yang setiap jam duduk di depan komputer/laptop? Sudah punya pekerjaan atau belum? Lamaran kerja di tolak atau belum di review? Punya keahlian menggunakan komputer Anda? Punya waktu luang yang ingin di manfaatkan? Coba perhatikan daftar orang-orang di bawah ini.

ya, mereka adalah dari sekian banyaknya pekerja lepas (Freelancer) yang sudah mendaftar di situs Freelancer. Mereka memiliki kemampuan dan skill yang berbeda-beda. total pekerja freelancer hingga saat ini adalah 25,531,091 pengguna, sementara total pekerjaan yang di posting untuk segera diselesaikan adalah sebanyak 12,545,844 pekerjaan. Dari jutaan pekerjaan itu, kesempatan Anda untuk mendapatkan uang mungkin semakin tinggi, apalagi jika peluang itu ditambah lagi dengan kemampuan Anda yang sesuai dengan pekerjaan yang diberikan.

Apa itu freelancer?
"Istilah "tenaga lepas" atau "pekerja lepas" adalah kata nomina untuk seseorang yang melakukan suatu pekerjaan. Pekerjaan yang mereka jalani sendiri disebut "pekerjaan lepas". Dalam bentuk bahasa Inggrisnya, "freelance", istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Sir Walter Scott (1771-1832) dari Britania Raya dalam novelnya "Ivanhoe" untuk menggambarkan seorang "tentara bayaran abad pertengahan" atau metafora untuk sebuah "tombak yang bebas" ("free-lance") (menunjukkan bahwa tombak tidak disumpah untuk melayani majikan apapun, bukan bahwa tombak (tersedia gratis)." - Wikipedia
Jadi, Freelancer adalah seorang yang melakukan pekerjaan dengan (bebas) tanpa terikat dengan kontrak untuk melayani seseorang/perusahaan seperti pekerja tetap pada umumnya.

Keuntungannya?
Seorang freelancer memang tidak memiliki jaminan yang pasti mengenai gaji bulanan, asuransi kerja ataupun pensiun karena sifat pekerjaannya yang tidak mengikat. Akan tetapi, seorang freelancer pun bisa mendapatkan beberapa keuntungan yang tidak bisa didapat seorang pekerja tetap. Di antaranya adalah: - Fleksibilitas waktu: seorang freelancer bisa menentukan sendiri jam kerjanya selama dia masih bisa memenuhi tenggat waktu pekerjaan yang diberikan klien. - Fleksibilitas tempat: seorang freelancer bisa bebas menentukan tempat kerjanya sendiri. Dia bisa bekerja dari rumah, di sebuah kafe atau di pinggir pantai selama dia bisa mendapatkan sambungan internet untuk mengirimkan hasil pekerjaannya kepada klien. Oleh sebab ini juga banyak freelancer yang tidak perlu merasakan terjebak di kemacetan layaknya para pekerja tetap di kantor. - Potensi pendapatan yang jauh lebih besar: seorang freelancer tidak terikat pada satu klien saja dan bisa mengambil job (pekerjaan) dari banyak klien sekaligus. Seringkali seorang freelancer berpengalaman bisa mendapatkan fee sebesar gaji bulanan seorang pekerja kantoran dari satu klien saja. Maka kalau dia bisa mengambil dua atau tiga klien sekaligus, otomatis pendapatannya bisa berkali-kali lipat daripada kalau dia bekerja di kantor. - Potensi mengembangkan jaringan: seorang freelancer bisa punya kesempatan lebih besar untuk mengembangkan jaringannya dengan berbagai orang dari berbagai profesi.
Keuntungan terbesar dari memiliki jaringan besar adalah memiliki banyak kesempatan untuk mendapatkan proyek atau mencari rekan kerja yang bisa diajak bergabung untuk memulai sebuah usaha atau proyek ke depannya. Hal seperti ini yang biasanya sulit didapat oleh orang yang hanya bekerja di kantor sepanjang hari.

Berapa yang bisa saya dapatkan?
 Lihat gambar diatas? Anda sendiri yang menentukan berapa besar bayaran yang ingin Anda terima sesuai dengan kriteria pekerjaan yang Anda ingin selesaikan.

Jadi, masih mau menunggu, atau sudah penasaran ingin mencoba bekerja sebagai seorang tenaga lepas?

Yang lainnya