Kicktive: Cari uang di instagram sebagai Graphic Designer

Cari uang di instagram sebagai Graphic Designer



Masih ingat dengan topik bahasan kemarin tentang membuat model 3D dengan harga Rp.13Juta/kepala hasil referal Lance_phan? Sebenarnya, bagi kamu yang belum bisa menguasai 3D, ada cara lain untuk menambah penghasilan kamu lewat instagram sebagai seorang Graphic Designer.


Pertama, mari kita perhatikan kembali Lance_phan. dia sebelumnya hanya iseng-iseng membuat model untuk dipublikasikan. kemudian hasil karyanya menjadi viral setelah adanya beberapa penggemar yang menyukai karyanya. Karena dia menjadi begitu terkenal dengan hasil pekerjaannya, maka ia pun membuka tawaran bagi siapa saja yang ingin membuat model dirinya dengan mematok harga sekian juta rupiah.

Nah, lalu bagaimana dengan kamu yang belum menguasai 3D?

Ada beberapa karya yang masih disukai dan bahkan masih trending hingga saat ini.
1. WPAP

Image credit : http://cccoffe.blogspot.co.id/2014/11/wpap-in-corel-x7.html
WPAP atau Wedha's Pop Art Potrait adalah suatu gugus seni ilustrasi potret wajah yang bersaling-silang secara geometri dengan penggunaan kontradiksi warna-warna khusus (Sumber Wikipedia
Gunakan karya seperti ini untuk menarik perhatian pengguna lainnya. 

2. Low Poly
 Image Credit : https://thelowpolyproject.blogspot.co.id/2017/06/tusk.html
Kenal dengan tokoh diatas? Yap, itu Tuskar, DoTA 2 Hero yang terkenal dengan Walrus Punch-nya. Juga terkenal dengan Tendangan mautnya yang mampu melempar lawan hingga terbang tinggi, LOL.
Low poly adalah jaring, terdiri dari banyak bentuk poligon dan dibentuk menyerupai objek. Misal karakter, pepohonan dll (sumber https://chirpstory.com/li/275420). Gunakan karya seperti ini untuk menarik perhatian banyak orang di Instagram, terutama jika followermu kebanyakan Gamers.

3. Chibi Characters Illustration
Image Credit : https://www.dereklaufman.com/marvel/chibi-deadpool-85x11-print
Chibi adalah istilah yang berasal dari Jepang untuk “orang atau benda yang memiliki ukuran fisik yang kecil”. Sekarang ini, chibi dikenal sebagai gambar manga yang lebih kecil dan lucu dibanding gambar aslinya. Chibi juga dikenal dengan istilah Super Deformed (sangat berubah bentuk) atau SD dan cukup menjelaskan ciri khas chibi. Singkatnya, chibi adalah salah satu versi dari manga/anime.(Sumber : id.wikihow.com)
Seni gambar seperti ini biasanya digunakan untuk menarik perhatian para pecinta Anime dan Manga. Namun, jika memiliki kemampuan lebih, bisa juga digunakan untuk membuat karakter chibi berbentuk karakter game, tokoh publik, atau lainnya.

4. Vector Potrait
Image credit : https://id.pinterest.com/explore/vector-portrait/
Vector portrait adalah jenis editing foto yang menyerupai gambar lukisan atau kartun. Secara bahasa vector adalah garis sedangkan portrait adalah gambar atau lukisan. (sumber : http://humaidymarfu.blogspot.co.id)
 Karya seperti ini sedang trending sejak beberapa tahun lalu. Hingga sekarang, masih banyak para Graphic Design pemula seperti saya yang belajar untuk membuat karya-karya vector seperti ini. Gunakan karya seperti ini untuk menarik perhatian kalangan umum, karena orang-orang akan tertarik dengan gambar seperti ini jika objek yang dibuat adalah tokoh terkenal seperti Artis atau potret sendiri.

5. Brand Illustration

 Yap, design/karya seperti ini hampir mirip dengan Logo Design. Karena harus mengilustrasikan merek sesuatu agar tampak menarik dimata publik. Gunakan contoh seperti ini untuk menarik perhatian para pelaku bisnis/usaha di instagram bagi mereka yang ingin memiliki sebuah merek dengan bentuk menarik.

Selain dipublikasikan di Instagram sebagai gambar, karya-karya seperti ini juga bisa dibuat untuk dijadikan Design Baju/Merchandise di Tempat-tempat penyedia layanan Kaos custom (Sablon). Sehingga mungkin anda bisa meraup keuntungan lebih dengan menjual design dengan bentuk-bentuk seperti ini.

Baiklah, hanya itu yang bisa saya bagikan. Jika ada yang terlewati atau belum tercantum disini, silahkan tinggalkan komentar agar kami Update.

Yang lainnya