Kicktive: cara alternative kirim file ke client

cara alternative kirim file ke client




Beberapa graphic designer, pasti pernah bekerja atau mengerjakan sebuah proyek untuk client yang berada jauh dari tempat tinggal client. Biasanya, Anda pasti mengirim file-file design menggunakan email.
Ya, begitulah biasanya. Minta info email client, lalu kirim ke alamat email tersebut.

Lalu, bagaimana jika Ada seorang client yang tidak ingin memberikan alamat email kerjanya? atau begitu pula sebaliknya, mungkin Anda sendiri yang tidak mau membagikan alamat email Anda kepada orang yang baru saja Anda kenal?

Berikut beberapa cara alternative agar Anda bisa mengirimkan file design atau file-file kerja Anda kepada client tanpa harus meminta alamat email client ataupun membagikan alamat email Anda sendiri.


1. Upload file menggunakan Layanan Anonymous File Sharing.
  Saya pernah membuat sebuah artike tentang Upload file tanpa registrasi 
dengan hanya drag and drop ke kotak upload. Tanpa harus registrasi, dan tentunya gratis.
Layanan ini memiliki batasan waktu.

2. Gunakan Layanan file sync
Untuk menggunakan layanan file sync, Anda bisa melakukan syncrhonization antara komputer Anda ke layanan Cloud Storage. Ada beberapa contohnya, seperti Onedrive (Microsoft), Google Drive (Google), Uptobox, Zippyshare, 4shared, Box (box.com) dan lainnya. Layanan ini tergantung pada setiap penyedia, ada yang gratis, ada pula yang berbayar. Yang gratis, biasa menawarkan pilihan premium agar Anda bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Anda juga bisa mengatur folder dan membagikan kepada client hanya dengan memberikan Link tautan menuju  file yang Anda simpan di cloud. Jadi, tidak perlu meminta email client ataupun harus membagikan email Anda sendiri bukan?


3. Flashdisk / DVD
Salah satu cara menarik adalah dengan mengirimkan file ke alamat client menggunakan Flashdisk.
Dengan flashdisk, Anda bisa menempelkan sticker di flashdisk agar Apa yang anda kerjakan terlihat lebih menarik dan unik. terutama bila Anda menempelkan sticker logo Anda. Dan DVD, Anda bisa menyimpan berbagai file kedalam DVD (jika client Anda memiliki DVD atau menggunakan Laptop). Anda bisa membuat cover untuk untuk DVD di halaman cover depan, dan atau beberapa tulisan tentang Anda di bagian cover belakang, misalnya mengenai Promosi atau mengenai harga tarif layanan Anda.Anda juga bisa mencantumkan alamat telepon dan lainnya sebagai cover. Cukup menarik bukan?

Nah, itulah beberapa cara alternative mengirim file ke client tanpa harus meminta atau pun membagikan Alamat email client dan Anda sendiri. Jadi, menurut Anda, manakah yang lebih menarik bagi Anda?


Yang lainnya